Thursday, January 26, 2006

Darah Biru

Kaka : "Bu katanya temanku Tengku itu keturuan raja ya?"
Ibu : "Iya itu nama untuk orang daerah yang keturunan darah biru, seperti kalau di Jawa pakai nama Raden"
Kaka : "Kasihan ya bu dia kalau jatuh darahnya ngak merah"
Ibu : "ha..ha..ha.. itu hanya sebutan aja, darahnya tetap saja merah"
Kaka : manggut-manggut.

Tuesday, January 24, 2006

Kawin Lagi

Kita lagi ngumpul di ruang keluarga, kaka ngomong sama ibu :
Kaka : "Bu, kalau ibu meniggal entar ayah kawin lagi ya ?"
Ibu : ketawa ...
Ayah : "Pertanyaan kamu kejauhan, susah jawabnya !" senyum-senyum bingung.

Tuesday, July 05, 2005

Tak Ku Sangka

Sepertinya banyak sekali yang terlewatkan, karena gue cukup sibuk jadi ngak sempat posting dan kejadian yang sudah lewat tersebut tidak terekam dengan baik di kepala gue alias lupa abis.
Mungkin gue perlu cara lain agar selalu mengingatnya, kalau hanya disimpan dikepala pasti lupa, karena banyak sekali yang harus gue ingat. Gimana kalau gue beli PDA agar bisa langsung gue catet.
Gue pikir-pikir dulu untuk beli itu.
Hari ini kaka kelihatan lagi uring-uringan, sampai-sampai ade ditendangnya karena merebut mainan kaka. Jelas gue marah terus gue pukul kakinya pake tangan dan ibu juga marah sama kaka. Kaka melakukan perlawanan :
Kaka : "Biarin aku bunuh diri aja"
Ibu : kaget mendengar ini "lho, memang kenapa kamu mau bunuh diri ?"
Kaka : "abis ibu sama ayah marah-marah terus !"
Ibu : "memang kamu tau apa itu bunuh diri"
Kaka : "tau, perut sama dadanya ditusuk pake pisau"
Ibu : "menurut kamu itu baik atau tidak"
Kaka : "nga baik, itu kan dosa"
Ibu : "ya, itu kamu tau, itu kan perbuatan orang bodoh"
dan bla..bla.. bla... panjang lebar nasehat dari ibu kepada kaka.

Siang kemarin kaka habis makan banyak sekali sehingga perutnya kekeyangan.
Kaka : "bu, kaka habis makan jadi busung kenyang nih !"
Ibu : "ha..ha..ha..!!!"
Kaka : "bu, kalau busung lapar untuk anak bayi ya ?, terus kalau busung kenyang untuk anak SMP dan SMA ya ?"
Ibu : "hua...ha..ha..ha...!!!"
Mungkin yang sering kaka tonton di TV kalau busung lapar itu kebanyakan adalah anak balita, sementara kaka belum pernah melihat remaja yang busung lapar.

Waktu belanja kemarin ibu beli permen karet Happydent satu bungkus besar yang setiap bungkus kecilnya berisi dua buah permen karet. Permen karet memang salah satu kegemaran kaka.
Seperti biasa kaka membaginya dengan ade, padahal ade belum boleh makan permen karet.
Kaka : "Ade ini kaka bagi permen karetnya"
Ade : "Bu, ade boleh makan permen karet nga ?
Ibu : "Ya, sudah boleh, tapi nanti kalau sudah pahit rasanya langsung dibuang saja permennya, jangan sampai tertelan !"
Ade : "asik, boleh ka!"
Kaka : "Ade mau yang surga apa neraka ?", permen karetnya ada dua yang satu disebut kaka surga yang lain neraka :D
Ade : "Aku mau yang surga"
Kaka :"ya, udah dech aku neraka aja " :)
Setelah habis (permen karetnya sudah berasa pahit) dan dibuang, kaka mengambil lagi permen karet yang baru dan dibagi lagi dengan ade.
Kaka : "Ade kamu mau surga apa neraka?"
Ade : "Aku maunya surga dong !"
Kaka : "Yah, aku neraka lagi dong !"
Ibu : "hahahaha...!"

Thursday, June 23, 2005

Wisuda TK

Perpisahan TK di sekolah kaka, ada acara yang dimainkan oleh murid dari setiap kelas, kelas kaka TKB dapat sandiwara dan menyanyi, sandiwaranya mengenai kelinci yang akan di tembak oleh pemburu, si kelinci bersembunyi di balik pohon, kemudian diselamatkan oleh tim outbound. Dalam latihan kaka dapat peran sebagai pohon, sore itu setelah pulang dari latihan kaka mengeluh pada ibu.
Kaka : "bu, aku mendingan jadi kelinci aja bisa ngumpet di pohon"
Ibu : senyum2, dalam hati "jelas saja anak nga bisa diem begitu disuruh jadi pohon ya susah"
Bener saja pas saat pertunjukan kemarin kaka nga mau naik ke atas panggung, ya sudah jadi pohonnya tinggal satu harusnya dua. Tapi kalau menyanyi kaka mau ikut naik ke panggung.

Friday, May 27, 2005

Churigation

Senin kemarin kaka libur, hari Selasa masuk sekolah sementara guenya libur. Ya sudah gue ajak ade jalan2 ke toko buku, ade dapat balon dari toko buku tersebut :) terus pulangnya mampir ke KFC sekedar beli ice cream, makan berdua aja sama ade.
Sepertinya ade happy sekali hari itu. Ibu bilang kalau sampai ketahuan kaka kalau jalan ngak ngajak2 bisa ngamuk nich.
Ade : "ya udah ade nga cerita2 ke kaka dech !"
Ibu : "wah.. ibu ngak yakin tuh.."
Waktu pulang sekolah kaka sempat tanya itu balon dari mana. Ibu bilang dari toko buku, tapi karena sibuk beres2 ganti baju, lepas sepatu, cuci tangan/kaki, dll setelah pulang sekolah jadi respons kaka cuma sekilas aja, terus nga lama kaka tidur nyusul adenya yang udah tidur duluan.
Sorenya adik gue datang ngobrol sampai malem, curhat soalnya lagi ada masalah, suatu saat nadanya sedikit tinggi, kaka yang belum pernah ngeliat omnya seperti itu lantas bertanya :
Kaka : "Kenapa koq om Tony ngomongnya marah2 ?"
Gue : "om Tony lagi kesel "
Setelah adik gue pulang, anak2 makan terus nonton sebentar, ngak lama tidur.
Besok paginya sebelum kaka berangkat ke sekolah ade cerita kalau kemarin jalan2 sama ayah terus beli es krim, udah kaka marah dech....
Pulang sekolah kaka tanya2 ibu :
Kaka : "ibu, tadi pagi pergi kemana ?"
Ibu : "ngak kemana2, dirumah aja"
Kaka : "terus siangnya ibu pergi kemana ?"
Ibu : "dirumah aja masak buat ade sama kaka"
Kaka : "awas lho kalo bo'ong !!"
Rupanya kaka takut kalau ibu diam2 pergi jalan2 sama ade.

Thursday, April 28, 2005

Celebrate

Bulan April adalah bulan celebrate karena keluarga kita merayakan 3 ulang tahun yang harinya sangat berdekatan, pertama adalah ulang tahun gue tanggal 4, kemudian ulang tahun perkawinan tanggal 6 dan ulang tahun kaka tanggal 9. Tapi kita merayakannya dengan sangat sederhana sekali, gue sekeluarga ber-empat yaitu kaka, adik, ibu dan tentunya gue sendiri pergi ke Mangga Dua soalnya gue ada orderan sampingan jadi itung2 sambil menyelam minum air sampai kembung. :D
Acaranya hanya pagi2 nge-pack orderan gue di Mangga Dua, siangnya ber-empat makan di McD, terus nganterin orderan, pulang dan tidur karena capek sekali (kesiaaaan… dech…:D )
Udah lama gue ngak nulis nich blog….. jadi banyak yang gue udah lupa untuk menulis kejadian2 seru mengenai kaka dan ade. Mungkin ini ada beberapa penggal yang gue inget.

Ade dibelikan ibu permen di warung, 1 buah Mentos, 2 buah Yupi, kemudian ade makan Mentos dan 1 Yupi.
Ade : “Bu, satu lagi Yupi-nya buat kaka ya !”
Ibu : “iya”
Ade : “Bu, tolong taruh di atas Aqua (dispenser, red) “
Ibu : “iya”

Ade tidur siang biasanya jam 1:30, bangun jam 3:30 sore, sementara kaka pulang sekolah sampai rumah jam 2 saat di mana ade masih tidur. Kaka tidur jam 3 bangun jam 5.
Setelah kaka bangun :

Ade : “Kaka, itu ada permen di atas Aqua buat kaka”
Kaka mengambil permen tersebut.
Kaka : “Ade mau ?”, sambil membelah dua permennya
Ade : “mau, aku yang kecil aja”
Kaka : “kamu yang besar aja, khan ini permennya dari kamu”
Ibu : senyum2 :)

Mungkin sudah lama juga ngak ada kasus di kantor, ternyata sekarang ada lagi kejadian yang cukup besar.
Teman gue yang dulu pernah satu group di perusahaan yang lama, dan sekarang ketemu lagi di perusahan ini terpaksa menginap di sel tahanan polisi, teman gue ini sebut saja Si N.
Masalahnya adalah penggelapan keuangan dan pemalsuan dokumen kwitansi.
Si N kerjasama dengan seseorang dari sebuah departemen pemerintahan, bukan rahasia umum kalau di departemen bila masih ada sisa anggaran maka harus di habiskan karena takut tahun depan anggarannya akan di kurangi. Cara menghabiskannya tentu saja banyak sekali akal2annya mereka, salah satunya adalah melakukan transaksi fiktif yang dilakukan bersama Si N ini. Caranya adalah Si N membuat kwitansi transaksi palsu dari perusahaan yang dikirim ke departemen tersebut agar uangnya dikirim ke rekening perusahaan, kemudian ada transaksi lain dengan jumlah yang sama dari sebut saja perusahaan B yang disuruh oleh Si N itu untuk mentransfer pembayarannya ke rekening pribadinya. Bagian A/R tentu saja bingung ada dana masuk dari departemen tapi ngak ada transaksinya, kemudian Si N itu bilang kalau dana itu untuk membayar perusahaan B. Dari sinilah terungkap kasus itu karena belum pernah ada pemerintahan membayar untuk transaksi perusahaan swasta. Bos langsung mengadukan hal ini ke polisi dan Si N itu ditangkap dan sampai sekarang masih mendekam di penjara sampai proses pengadilan.
Kalau udah gini kasihan dech ngeliat teman di penjara tapi mau gimana lagi ?? :(

Monday, March 07, 2005

Berpelukan

Suatu pagi kaka bertanya pada ibu :
Kaka : "Bu, koq ayah suka pelukan sama ibu sich ?"
Ibu sedikit kaget dan tersenyum, belum di jawab oleh ibu, kaka sudah bertanya yang lain lagi.
Kaka : "Waktu itu pagi-pagi koq ayah cuma pakai celana dalam, terus pelukan sama ibu ?"
Kali ini ibu sangat kaget, rupanya tanpa sengaja dia pernah atau sempat melihat kita lagi di tempat tidur pagi-pagi, memang kamar kita kadang tidak di tutup, maksudnya agar gampang memantau kaka dan ade yang berada di kamar sebelah.
Kaka : "Ayah kaya tarzan kalau pake celana dalam ya de !", bicara sama adiknya.
Kemudian mereka berdua tertawa terbahak-bahak.
Ibu jadi ikutan tertawa, ngak tau mau ngomong apa ?